Hp lokal sudah dilengkapi dengan audio player dan slot kartu memori, umumnya bisa menggunakan nada dering alias ‘ringtone’ dari file musik asli. Formatnya bisa MP3, AMR atau WAV. Pastinya, lebih keren ketimbang bunyi ‘bip bip’ , kan?

Nah, karena keterbatasan memori di HP lokal, tentunya harus dilakukan penyesuaian kapasitas file, yang dalam hal ini berimbas pada pemenggalan track lagu. Selain itu, Anda juga bisa lebih fleksibel menentukan bagian mana saja yang seru untuk dijadikan nada dering. Misalnya, pas di reff atau intro saja.

Berhubung di HP lokal belum memungkinkan edit ringtone secara langsung, maka alternatif paling sederhana adalah dengan memanfaatkan layanan online. Salah satunya adalah ini.

Selain mendukung beragam format file (MP3, AAC, M4R, MPC, OGG, M4A, QCP) dan menyediakan pilihan bitrate, proses akhir konversi pun bisa langsung dikirim  ke HP via link download, email, atau simpan ke PC.

Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah 1

Buka link ini di browser PC.

Langkah 2

Upload file lagu, prosesnya tergantung browser dan network PC. Berikutnya, klik di area track lagu untuk menentukan bagian mana yang akan dijadikan ringtone. Tinggal geser kursor yang ada di kiri dan kanan buat menentukan durasinya.

Langkah 3

Tentukan format file konversi, bitrate serta model download hasil konversinya (to computer, cellphone, atau email). Di sini Anda dapat mencoba memilih mode “to cellphone”.

Langkah 4

Selanjutnya, tekan “Make A Ringtone”. Jika proses konversi berhasil, Anda akan mendapatkan jendela informasi termasuk link download ringtone tersebtu yang bisa diunduh dari HP.

Nah, dari browser HP tinggal ketikkan saja link download tersebut dan atur file konversi hasil unduhan sebagai ringtone.

Selamat Mencoba!

Sumber: Majalah Pulsa Buyer’s Guide (BG).

Iklan